Penelitian Dan Pengabdian

Kualitas akademik suatu perguruan tinggi tidak lepas dari keberhasilan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu  pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Universitas Muhammadiyah Jember melaksanakan Catur Dharma perguruan Tingga dengan dengan menambahkan dharma keempat yaitu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Penelitian dan pengabdian pada masyarakat berkaitan dengan pemanfaatan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). Sesuai dengan pasal 20 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana secara tegas menyatakan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Universitas Muhammadiyah Jember sebagai sebuah lembaga pendidikan  tinggi yang berada di Jawa Timur telah menetapkan  visinya ke depan yaitu “  Menjadi  perguruan tinggi yang unggul dalam IPTEKS bernafaskan nilai-nilai ke-Islaman.”, dalam mewujudkan visi tersebut  Universitas Muhammadiyah Jember berupaya untuk meningkatkan mutu di segala bidang  baik akademik dan non akademik. Salah satunya adalah bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Untuk memfasilitasi dan mengkoordinasi kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat Universitas Muhammadiyah Jember membentuk suatu lembaga yang mewadahi kegiatan tersebut disebut sebagai Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM). Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Jember  mempunyai visi sebagai lembaga pencerahan untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara jujur dan amanah dalam lingkungan internal dan eksternal, sehingga tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera yang diridhai Allah SWT.

LPPM Universitas Muhammadiyah Jember merupakan institusi organik  yang  bertugas  mengelola seluruh  kegiatan  penelitian  dan  pengabdian  kepada  masyarakat,  baik  yang bersifat intra universitas maupun ekstra universitas (regional, nasional, dan internasional).   LPPM   Universitas   Muhammadiyah Jember  memfasilitasi   segala   bentuk   kegiatan kerjasama penelitian dan pengabdian kepada  masyarakat,  baik  antar  bidang  ilmu maupun antar lembaga lembaga ini juga merupakan wadah bagi pembentukan berbagai pusat studi dan pusat kegiatan di lingku ngan Universitas Muhammadiyah Jember. Di samping itu, LPPM Universitas Muhammadiyah Jember juga memfasilitasi berbagai pelatihan, workshop, dan pembekalan keilmuan dan praktik pengabdian. Intinya, LPPM Universitas Muhammadiyah Jember mengemban tugas sebagai institusi yang bertanggung jawab terhadap peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian civitas akademika Universitas Muhammadiyah Jember yang muaranya adalah produk IPTEKS-SOSBUD (ilmu, teknologi, seni, sosial dan budaya) dan pendharmabaktiannya kepada masyarakat demi kejayaan bangsa.

Arah kebijakan di lingkungan LPPM diarahkan kepada penelitian yang dapat memberdayakan masyarakat berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEKS) dan Iman dan Taqwa (IMTAQ). Diharapkan dengan memberdayakan masyarakat dapat mengangkat derajat hidup dan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal STATUTA Universitas Muhammadiyah Jember dan Renstra Universitas Muhammadiyah Jember menjadi kebijakan penelitian Universitas Muhammadiyah Jember.

Dalam kebijakan penelitian tersebut antara lain :

  1. Arah penelitian difokuskan pada pendekatan multidisiplin ilmu yang tersebar pada setiap fakultas dan program studi.
  2. Prioritas atau fokus penelitian di kelompokkan menjadi beberapa kategori bidang ilmu pengetahuan, antara lain agama, pendidikan, ekonomi, sosial dan politik, psikologi, pertanian, teknik dan informatika.
  3. Kerangka kebijakan penelitian Universitas Muhammadiyah Jember dikategorikan dalam dua tipe, yaitu penelitian penelitian bottom up dan penelitian top down.