Pembekalan KKN Gelombang I Tahun 2017

Unmuh Jember, KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Berbicara tentang KKN, tentu saja ada program yang akan dilakukan didaerah yang sudah ditentukan oleh pihak kampus dengan tujuan untuk mengembangkan daerah dan memerikan inovasi – inovasi bisnis pada masyarakat. KKN Unmuh Jember pada tahun ini mengambil tema “Bersama Membangun Desa” dengan fokus pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, kesehatan dan lingkungan serta pendidikan.  Penetapan tema tersebut didasari keinginan pihak Universitas Muhammadiyah Jember untuk ikut mendukung tercapainya pembangunan diseluruh pelosok pedesaan.

Pembekalan KKN gelombang 1 yang di laksanakan pada 11-12/01/2017 di Aula Ahmad Zaenuri, hari pertama diisi dengan beberapa materi untuk membekali mahasiswa sebelum berangkat KKN, dan hari kedua di isi dengan penentuan kordinator desa disetiap kelompok.  Ibu Dr. Nurul Qomariah selaku kepala LPPM memaparkan bahwa KKN gelombang 1 di tahun 2017 diikuti 696 Mahasiswa yang terdiri dari beberapa Fakultas, yaitu FKIP, Ekonomi, Teknik, Fikes, Hukum, Fisipol, Pertanian, dan psikologi. Kiagatan KKN akan dimulai pada tanggal 31 Januari dan sudah bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Se- Tapalkuda, akantetapi untuk pelaksanaan KKN tahun 2017 gelombang 1 akan dilaksanakan di 2 kabupaten, yaitu kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso.

Dalam pembekalan KKN bapak Rektor Dr.Ir, M. Hazmi. D.E.S.S hadir memberi sambutan sekaligus membuka acara. Pada kesempatan ini beliau juga memberikan saran-saran kepada seluruh mahasiswa agar mempersiapkan template program-program dan daftar laporan karna disisi waktu KKN tidak terlalu lama hanya 1 bulan, agar bisa mempercepat waktu mahasiswa untuk membuat program dan menyelesaikan laporan. (WA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *